Pasar online

anda sudah tahu pasar online ? sudah mengenalnya ? sudah mencobanya ? sudah memakainya atau barangkali baru tahu dan baca saat ini ,….duh kacian …..:) seperti yg penulis ceritakan sebelumnya tentang pasar tradisional, adalah dalam rangka membuka mata, membuka wacana bagi visitor, bagi siapapun yg pengin maju, pengin lebih baik menuju kepada kerja atau kehidupan yg lebih enak dan nyaman tentunya.  Pasar online  banyak yg belum mengenal, pasar online lebih dikenal dengan istilah online business or bisnis online.  lebih dalam tentang itu akan dibahas pada tulisan berikutnya yaitu e-business dan e-commerce. pada kesempatan ini penulis batasi pada apa itu pasar online dan apa yg menjadi keunggulannya saja.

dulu, .. definisi pasar adalah sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi….sekarang …apakah definisi tersebut masih tepat di era online ….pada pasar tradisional hal itu ada benarnya, tapi pada pasar online mungkin perlu dirubah ….apa pasalnya ???

Tempat

pada pasar online atau proses jual beli di dunia maya, tidak harus kok transaksi itu harus di suatu tempat khusus seperti pasar tradisional, hanya di depan laptop atau pc kita, dan dimana saja posisi kita, kita bisa membeli….ckckck…yg penting kita terkoneksi dengan ethernet …

Bertemu

bertemunya penjual atau produsen dengan pembeli adalah bukan keharusan di pasar online, bahkan tidak diperlukan karena menjadi tidak efektif dan efisiensi.  hitung saja berap dana, waktu dan pikiran yg harus diluangkan untuk bertemu, iya kalo deket…nah kalo jauh….cape deh …:)  pasar online tidak mengharuskan bertemu, anda atau kita bisa langsung bertransaksi membeli barang yg kita inginkan dengan model pembayaran online juga. untuk bisa ikut menikmati pasar online anda musti punya rekening di jagad maya, mudah kok, free of charge lagi. beberapa bank di dunia maya seperti paypal, e-bay, alertpay, egold dan lain sebagainya. untuk member syaratnya mudah kok. jika anda sudah memiliki, maka selamat bertransaksi tanpa harus bertemu dengan produsen atau agennya. mudah kan ???

Transaksi

Transaksi di pasar online sangat mudah, dan beberapa produk di negeri orang sana harganya bisa kita dapatkan lebih murah lho….yg penting kita buka rekening dulu di bank di jagad maya….transaksi mudah dan bukti transaksi tertulis ada dan akan langsung di send via email ke email kita.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s