Penyebab Email, Facebook, Twitter Kena Hack

Berbagai alasan facebook kena hack, berbagai sebab email kena hack, twitter kena hack. Apa sih sebenarnya yang terjadi?

Yuk, mari kita telaah lebih dalam lagi, apa yang sebenarnya terjadi:

Kita mulai dari diri kita sendiri:

  • Terkadang kita kurang terliti dan kurang hati-hati dalam menyikapi sesuatu, disertai dengan andrenalin yang tinggi yang ada pada diri kita, sehingga menyebabkan kita tedor dan lupa atas apa yang kita lakukan.
  • Kurang waspada dan jeli dalam melihat sesuatu, sehingga membuat segala sesuatu menjadi buta, tuli & tak berasa.
  • Kurang merasa memiliki dan kurang menjaga apa yang kita miliki, sehingga kita membuat mudah dan menganggap enteng segala sesuatu.

Dari penjelasan diatas, beberapa hal yang menyebabkan email, facebook, twitter, dsb kena hack adalah:

  1. Kurang jeli memperhatikan URL Address (Alamat URL), misalkan: http://www.facekook.com,http://facebook.website.com, padahal URL yang sebenarnya adalah http://www.facebook.com. Nah jika anda mengklik situs tersebut, maka anda sudah masuk jebakan batman, karena mungkin bisa saja isi dari website dapat mengandung scam / phising / fakelogin / virus / malware, dsb & Account Anda Raib!
  2. Tergiur dengan tipuan yang menggoda, sehingga terjebak pada kesalahan yang fatal, misalkan: “Foto Bugil Artis ABCDE, silakan klik link berikut: http://www.andaterjebak.com“, “Video Mesum Aktor CDEFGH, Baru Loh, silakan klik: http://www.artisvideoporno.com“, “Hadiah besar menanti, Blackberry gratisan: http://www.webpalsugratisan.com“, dan masih banyak tipuan & trik yang lainnya. Sudah pasti tahu apa yang akan terjadi bila mengklik situs tersebut, maka bisa jadi akan bertemu link scam / phising / fake login / virus / malware /spam & Account Anda Terhack apabila anda melakukan penginputan user & password email di situs tersebut!
  3. Tidak pernah berfikir bahwa ada “Backdoor, Trojan, Spyware, Keylogger” dalam komputer yang digunakan saat ini, sehingga lupa untuk melakukan checking terhadap aplikasi & service yang sedang berjalan saat ini. Misal: Windows -> Tekan “CTRL+ALT+DEL“, kemudian munculTaskmanager, checklah aplikasi & service yang berjalan, apabila ada aplikasi / service yang mencurigakan silakan di “End Process / End Task”. Linux: Tinggal ketik “ps- aux”, kemudian kill -9 aplikasi yang mencurigakan. Hapuslah autorun melalui regedit di windows atau hapus crontab di Linux.
  4. Kebanyakan tidak mengetahui bahwa password email, facebook, twitter, dsb haruslah BERBEDA. Jika password keseluruhan account yang kita miliki sama, maka akan mempermudah sang hacker untuk memasuki account kita yang lainnya. Namun yang paling penting adalah JAGALAH PASSWORD EMAIL DENGAN BAIK, karena email merupakan akar dari account yang lainnya. Misal: Password email “h4Ck3r$3jAt1“, password facebook “f@c3b()()kk03“, pasword twitter “b3rk#!c@u“, yang terpenting adalah harus berbeda & mudah di ingat.
  5. Email dianggap sesuatu yang kedua, karena sangat gampang untuk membuat email, hingga password email lupa karena hampir tidak pernah membuka email yang dibuat. Password email saja lupa, apalagi “Secret Question” nya, ketika dalam kasus Facebook, Twitter terkena hack, maka akan sangat sulit untuk merecovernya kembali.
  6. Malas untuk melakukan update account profile / account setting terhadap email, facecook, twitter, dsb. Sehingga informasi mengenai “Alternate Email, Secret Question, Alamat, No. Telp” kadang di isi sembarangan bahkan kadang tidak di isi. Inilah account yang sudah kena hack tidak akan pernah kembali lagi kepada pemiliknya.
  7. Tidak ada waktu untuk melakukan perubahan secara berkala terhadap password, passwordnya selalu sama dari awal pembuatan sampai saat ini. Inilah yang dapat menyebabkan password masih bisa dipakai andaikan password sudah masuk dalam log sang hacker walaupun lognya sudah 1-2 tahun yang lalu.
  8. Mengisi password secara sembarangan, mudah untuk ditebak & password yang lemah, misal: “abcdef”, “12345″, “21101986″, “201282″, “ayulovejelek”. Biasanya kebanyakan orang mengisi password dengan “Tanggal Lahir, Namadepan & Belakang, Hari Spesial, Nama Pacar, No. HP, Keluarga“. Password harus dibuat minimal terdapat “Alfabet Character, Angka, Symbol & Panjangnya Minimal 10 Character” hal ini bertujuan untuk memperkuat password, password harus sesuatu yang berbeda yang mudah di ingat oleh kita sendiri dan untuk mempersulit ketika ada aktifitas BruteForce terhadap Account.
  9. Hal yang paling sering adalah “Lupa Logout & Lupa Clear Browsing History” setelah kita melakukan aktifitas browsing di internet sehingga kebanyakan sang hacker menggunakan cookies yang sebelumnya untuk mengambil alih account & tentu saja account akan hilang ditelan malam. Kebanyakan hal ini terjadi di warnet atau tempat public internet.
  10. Salah satu yang paling  rentan & karena malas untuk mengisi password, sehingga yang digunakan adalah “Remember Password”, sebaiknya walaupun itu laptop pribadi, pc pribadi, sebaiknya kita tinggalkan kebiasaan ini, karena cukup mudah untuk mengambil account apabila ada “remember password”. Terdapat tools yang juga bisa merecover password yang disave di Browser.

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s