Pemodelan Geometris

Pemodelan geometris

Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk.  Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D adalah model yang penting dalam komputer tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk computer aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam bidang teknik seperti sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis pengolahan gambar.

Geometris model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk, posisi, orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga terdapat tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.

Graphics System Architectur

  • Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :

–      Shape / bentuk

–      Posisi

–      Orientasi (cara pandang)

–      Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)

–      Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan / pejal, penyebaran cahaya)

–      Lights / cahaya (tingkat terang, jenis warna)

–      Dan lain-lain

  • Pemodelan Geometris yang lebih rumit :

–      Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.

–      Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.

–      CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.

Elemen-elemen pemodelan Geometri

Techniques—Geometry (1/4)

Geometric Modeling

 Dari suatu konsep (atau suatu benda nyata)

ke suatu model geometris yang bisa

ditampilkan pada suatu komputer.

 Contoh: suatu sphere/bidang dapat diuraikan

oleh empat angka-angka yang riil:( x,y,z,r).

 Contoh: suatu segi banyak dapat diuraikan

oleh daftar koordinat puncaknya.

Geometric Modeling

Bagaimana cara menghadirkan bentuk yang

lebih rumit?

 Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang

besar dari segi bersudut banyak,

dihubungkan satu sama lain.

 Bentuk permukaan bebas: menggunakan

fungsi polynomial tingkat rendah.

 CSG: membangun suatu bentuk dengan

menerapkan operasi boolean pada bentuk

yang primitif.

 

Pemodelan Geometris
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu
benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa
ditampilkan pada suatu komputer :
– Shape/bentuk
– Posisi
– Orientasi  (cara pandang)
– Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna,
tekstur)
– Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric
(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
– Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
– Dan lain-lain …

Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
– Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari
segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
– Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi
polynomial tingkat rendah.
– CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan
operasi boolean pada bentuk yang primitif

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s