3D Studio Max vs Blender

3D STUIDIO MAX

3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanyaMAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max bisa dilihat di usa.autodesk.com.
Sekilas
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaanplatform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Metode Pemodelan
Ada5metodepemodelandasar:
•Pemodelandenganprimitif
•NURMS(subdivisionsurfaces)
•Surfacetool
•NURBS
• Pemodelan polygon
Pemodelan dengan primitif
Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, “cone”, silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut “pemodelan balon”.
Mental Ray
Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merendergambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu “Default Scanline”. Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek GlobalIllumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakanshader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.

Blender
Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
(Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagiansistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras computer).
grafis 3 dimensi (3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memilikipanjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Sistem koordinat Kartesian 3 dimensi: sumbu X, Y, dan Z)
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
(Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalahfilm yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-“putar” sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.)
Artikel ini akan membahas mengenai tool yang digunakan dalam pembuatan sebuah animasi dengan menggunakan software Blender yang berbasis open source. Namun sebelumnya, saya akan bahas definisi dari animasi dan Blender.
Animasi merupakan sebuah seni untuk menghasilkan gambar 3 dimensi yang bergerak dengan komputer sebagai media perantaranya. Animasi ini merupakan pengembangan dari grafik 2 dimensi dan grafik 3 dimensi. Sedangkan Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer dan merupakan sebahagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah komputer itu sendiri, seperti film.
Blender merupakan sebuah perangkat lunak berbasis open source yang tidak berbayar untuk pembuatan desain animasi 3 dimensi dan juga sedang popular dikalangan desainer. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
• Microsoft Windows
• Mac OS X
• Linux
• IRIX
• Solaris
• NetBSD
• FreeBSD
• Open BSD
Salah satu kendala dalam memproduksi film animasi adalah mahalnya biaya yang dipakai untuk pembelian software. Tapi dengan ‘Blender’, software 3D berbasis open source, semua masalah biaya bisa diatasi. Blender memiliki banyak sekali kemampuan mulai dari pemodelan 3D, rendering, shading, animasi 3D, sampai pembuatan game 3D secara utuh.

Panel utama pada Blender yaitu :
MENU

1. File : menu utama seperti pada program Windows lainnya, yang digunakan untuk melakukan new, open, save, close, setting dsb.
2. Add : digunakan untuk menambahkan objek-objek.
3. Timeline : berguna untuk mengatur animasi
4. Game : berguna untuk memulai scripting program game
5. Render : berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
6. Help : digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user

VIEW PORT

Pada View Port, terdapat 3 objek yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. Blender juga menyediakan berbagai macam tampilan View Port, diantaranya:
1. Animation
2. Model
3. Material
4. Sequence
5. Scripting

TOOL BUTTON

• Transform Manipulator Mode (simbol segitiga merah) digunakan untuk mengambil objek.
• Rotate Manipulator Mode (simbol lingkaran hijau) digunakan untuk merotasi objek.
• Scale Manipulator Mode (simbol persegi biru) digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek.
• Transform Orientation digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi.
• Rotating / Scalling Pivot (simbol titik hitam beserta tanda panah), pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point.

Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :
1. Modeling : untuk pembuatan model pada awal 3D
2. UV Mapping : untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing : pembuatan textur pada objek.
4. Rigging : untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning : pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi : pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle : untuk pembuatan particle pada objek / model.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s